top of page

10 Alasan Kenapa Berat Badan Tidak Naik


10 Alasan Kenapa Berat Badan Tidak Naik

10 Alasan Kenapa Berat Badan Tidak Naik


Mayoritas orang-orang ingin menurunkan berat badan. Tapi tidak dipungkiri, bahwa masih banyak juga orang yang underweight dan ingin menaikan berat badan, tapi susah sekali.

Sudah makan banyak tapi berat badan tidak kunjung naik. Hmm, kira-kira kenapa ya?


Berbicara berat badan yaitu berbicara tentang komposisi tubuh. Untuk naik berat badan, kita berharap agar yang otot naik dan bukan lemak yang naik.

Berikut 10 hal menjadi kontribusi berat badan tidak naik!

1. Kebanyakan kardio

Zaman sekarang, kebanyakan aktivitasnya adalah bersepeda, lari, basket, futsal ataupun badminton yang bisa dilakukan sampai berset-set. Karena aktif bergerak, kadar lemakpun menjadi rendah karena kebanyakan kardio. Bergerak aktif selama 1 menit, bisa membakar 5-10 kalori. Untuk sekali beraktivitas bisa membakar 600 kalori, bahkan lebih. Hal ini merupakan kabar gembira untuk yang ingin menurunkan berat badan. Tapi, untuk kamu yang ingin menaikan berat badan, ini adalah kabar buruk. Karena kardio yang terlalu lama dapat menyebabkan hilangnya lemak dan otot.


Tidak pernah angkat beban

2. Tidak pernah angkat beban Kalau sebelumnya kamu belum pernah angkat beban, sebaiknya mulailah untuk olahraga angkat beban. Seperti kata Ade Rai, bahwa otot itu lebih berat dibanding lemak. Jika kita sering latihan beban, maka berat badan kita akan lebih stabil walau makan banyak sekalipun.

3. Takut karbohidrat

Siapa di sini yang sering banget menyalahkan nasi, tepung dan karbohidrat sejenisnya? Jika bicara tentang kebutuhan karbohidrat, pastinya setiap orang berbeda-beda. Contoh seperti orang kaya yang memiliki toleransi shopping yang lebih tinggi dibanding orang yang kurang mampu. Nah, orang-orang yang susah menaikan berat badan, memiliki toleransi terhadap karbohidrat yang lebih tinggi. Tapi perlu diingat, untuk selalu membakar energi tersebut dengan melakukan angkat beban untuk mengubahnya menjadi otot.


4. Kurangnya protein

Otot makanan utamanya adalah protein, dan protein merupakan asupan yang sangat penting. Apalagi untuk kamu yang ingin menaikan otot. Protein bisa didapati dari hewani dan nabati. Protein hewani yaitu white meat dan red meat. Red meat lebih disarankan untuk dikonsumsi karena mengandung lemak alami yang tinggi. Untuk protein nabati bisa kamu dapatkan melalui kacang-kacangan dan tempe.

5. Makan banyak tapi tidak bernutrisi

Sering banget nih denger “Sudah makan banyak tapi kok ga naik-naik juga nih berat badan?” Nah, kemungkinan yang terjadi adalah empty calories, makan banyak tapi nutrasi kurang. Contohnya adalah kita makan nasi goreng, mie ayam, mie instant 2 bungkus, kue-kue manis dan sebagainya. Hal ini akan menaikan kadar lemak dan terjadi inflamasi. Memang untuk kamu yang punya masalah menaikan berat badan kita harus surplus kalori. Tapi tetap, kita harus memperhatikan cara penyajian dan sumber nutrisinya.

Misal, jika kita sedang ingin makan ayam, pilihlah dada ayam dan bukan ayam-ayam crispy. Atau sedang ingin makan nasi, bisa diganti ke nasi merah.

Peran suplemen

6. Peran suplemen

Suplemen di sini adalah protein. Bisa berupa susu atau bisa juga whey protein untuk hasil yang optimal.

7. Latihan beban yang intensitas/bebannya rendah

Mungkin di antara kamu sudah ada yang latihan beban. Tapi masalahnya kok tetap aja gak naik ya? Hal ini bisa terjadi karena kurangnya beban atau rendah beban. Yang harus kita lakukan adalah Hypertrophy, yaitu meningkatkan otot dengan memperbesar ukuran jaringan otot (mengembang). Contohnya, jika kita merasa terlalu melakukan 6x repetisi, maka beban dikurangi atau dipertahankan. Jika 12-15 repetisi dianggap terlalu mudah, maka beban harus ditambah. Dari sini, kita bisa menambah jaringan otot kita.


8. Jarang Latihan kaki

Bagian terbesar otot rangka adalah otot kaki. Maka, kita harus melakukan compound movement, yaitu Latihan yang melibatkan lebih dari 1 otot untuk 1 gerakan. Misalnya saat kita melakukan push up/chest press, otot yang kena adalah otot dada, bahu dan tricep. Semakin sering kita melatih otot ini, maka kita dapat mengangkat beban yang lebih berat. Nah, dengan latihan compound movement, sendi pada tubuh kita akan menjadi semakin kuat.

9. NEAT (Non Exercise Activity Thermogenesis)

Siapa di sini yang suka melakukan aktivitas tapi bukan olahraga? Yang pada akhirnya dapat membakar banyak sekali kalori pada tubuh. Hal ini mungkin menjadi berita gembira untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan, tapi untuk kamu yang ingin menaikan berat badan tentu saja aktivitas ini tidak cocok.

Stress, cemas dan kurang istirahat

10. Stress, cemas dan kurang istirahat

Jika kita mengadopsi 3 kebiasaan ini dan menjadikannya sebagai lifestyle, akan mengakibatkan muscle loss pada tubuh kita. Karena otot itu berkontribusi sekali untuk menaikan berat badan. Tapi, karena kebiasaan ini, otot-otot kita tidak akan terdistribusi dengan baik. Sehingga akan sulit untuk menaikan berat badan.


Itu dia 10 alasan kenapa berat badan susah naik!

Jadi dari nomor 1 sampai 10, mana nih yang harus kamu perbaiki?

195 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page