top of page

Manfaat Memulai Hari dengan Berjalan Kaki!

Diperbarui: 2 Jan


berjalan kaki

Manfaat Memulai Hari dengan Berjalan Kaki!

Apa yang kamu lakukan pertama kali saat terbangun dari tidurmu di pagi hari?

Mencari smartphone dan scroll Instagram? Minum segelas air putih di samping tempat tidur? Mungkin gerakan seperti berjalan bukan prioritasmu di pagi hari. Karena lebih nyaman rebahan di kasur bukan ketimbang harus berjalan kaki keluar kamar?

Tapi, tahukah kamu dengan memulai hari dengan berjalan kaki — apakah itu di sekitar rumah atau perjalanan kamu ke tempat kerja atau sekolah — dapat menawarkan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh?

Berikut adalah 7 alasan mengapa kamu harus memulai harimu dengan berjalan kaki dan juga beberapa tips untuk menerapkannya dengan lancar ke dalam rutinitas kamu!


1. Meningkatkan energi

Memulai hari dengan berjalan kaki dapat memberikan kita lebih banyak energi sepanjang hari. Studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang berjalan selama 20 menit di luar ruangan mengalami lebih banyak vitalitas dan energi daripada mereka yang berjalan selama 20 menit di dalam ruangan. Sebuah studi kecil menemukan bahwa 10 menit berjalan di tangga lebih berenergi daripada secangkir kopi untuk 18 wanita yang merasa kurang tidur.

2. Meningkatkan suasana hati

Dengan berjalan kaki, dapat membantumu:


  • Meningkatkan kepercayaan diri

  • Meningkatkan suasana hati

  • Mengurangi stress

  • Mengurangi kecemasan

  • Mengurangi kelelahan

  • Meredakan gejala depresi atau mengurangi risiko depresi


3. Dapat membantu menurunkan berat badan

Berjalan di pagi hari dapat membantu kita mencapai tujuan penurunan berat badan. Berjalan dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori. Dikombinasikan dengan diet sehat dan latihan kekuatan, kita dapat menurunkan berat badan kita.

4. Mencegah atau mengelola kondisi Kesehatan

Jalan kaki dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kita, dari meningkatkan kekebalan tubuh, serta mencegah dan membantu kita mengelola berbagai kondisi kesehatan. Studi menunjukkan bahwa berjalan selama 30 menit per hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 19 persen. Untuk orang yang memiliki diabetes, berjalan kaki juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah lho!

Itu bahkan dapat membantu meningkatkan rentang hidup kita dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kanker tertentu.

5. Menguatkan otot

Berjalan dapat membantu memperkuat otot-otot di kaki. Untuk hasil terbaik, berjalanlah dengan kecepatan sedang hingga cepat. Cobalah untuk mengubah rutinitas dengan menaiki tangga, berjalan naik dan turun bukit, atau berjalan di tanjakan di atas treadmill. Tambahkan latihan penguatan kaki seperti squat dan lunges beberapa kali seminggu untuk mendapatkan otot yang lebih kencang.

6. Meningkatkan kesehatan mental

Jalan pagi dapat membantu meningkatkan kejernihan mental dan kemampuan untuk fokus sepanjang hari. Menurut penelitian, orang tua yang memulai hari mereka dengan jalan pagi dapat meningkatkan fungsi kognitif mereka, dibandingkan dengan mereka yang tidak banyak bergerak. Berjalan juga dapat membantu kita untuk dapat berpikir lebih kreatif. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan membuka aliran ide yang bebas, yang dapat membantu kita memecahkan masalah dengan lebih baik daripada jika kita hanya duduk atau tidak bergerak. Ini terutama terjadi jika kita berjalan di luar ruangan.

7. Tidur menjadi lebih nyenyak di malam hari

Dengan menjadikan berjalan kaki sebagai rutinitas. Hal ini dapat membantu kita untuk tidur lebih nyenyak di malam hari nanti.

Jadikan Berjalan Menjadi Bagian Dari Hidup Kita! Bagaimana sih cara agar berjalan menjadi rutinitas kita?

  1. Persiapkan pakaian untuk berjalan pada malam sebelumnya.

  2. Coba atur alarm Anda 30 menit lebih awal sehingga kita bisa berjalan kaki setidaknya 20 menit di pagi hari. Cari tempat dengan suasana yang indah agar mood kita menjadi lebih baik di pagi hari!

  3. Kalau bosen jalan sendirian, kita bisa banget nih ajak teman atau rekan kerja untuk jalan bareng. Sambil mengobrol, perjalanan kita jadi tidak begitu terasa.

  4. Kalau kamu tipe yang super sibuk hingga tidak punya waktu untuk berjalan di pagi hari. Coba mulai sekarang jadikan jalan kaki sebagai bagian dari perjalanan kamu! Misal, selama ini kamu pergi ke halte terdekat dengan ojek online, cobalah ubah dan mulai berjalan kaki ke tempat tujuanmu. Bisa juga, jika kamu sedang jalan-jalan di mall, cobalah naik tangga atau escalator jangan selalu naik lift.

Memulai hari dengan berjalan kaki singkat dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Kita mungkin merasa lebih berenergi sepanjang hari, meningkatkan suasana hati dan mental kita menjadi lebih baik serta tidur menjadi lebih nyenyak di malam hari. Pastikan untuk melakukan peregangan sebelum dan sesudah berjalan dan minum banyak air agar tetap terhidrasi.

Jangan lupa untuk baca artikel seputar kesehatan dan olahraga lainnya di RedDee.id ya!


Baju Olahraga

Pakaian Olahraga




18 tampilan0 komentar