top of page

MENUA ITU PASTI! TAPI MENUA DENGAN SEHAT ITU PILIHAN!

MENUA ITU PASTI! TAPI MENUA DENGAN SEHAT ITU PILIHAN!

MENUA ITU PASTI

Ada seorang kakek yang masa mudanya mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan dan tidak pernah berolahraga. Dia lebih suka menghabiskan waktu di depan layar handphone sambil tiduran dan mengonsumsi makanan cepat saji tanpa memikirkan dampaknya. Namun, ketika usianya mulai menua, ia mengalami tekanan darah tinggi and diabetes yang menghambat aktivitasnya. Otot yang selama ini tidak dilatih, membuat kekuatannya menurun sehingga dia menjadi kesulitan berjalan.

Setiap harinya, ia harus bergantung pada orang lain untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini membuatnya menjadi sedih dan menyesali kebiasaan yang ia lakukan saat masih muda. Dia merenung dan berpikir,

“Apa jadinya jika waktu itu aku lebih memperhatikan kesehatan dan menjaga pola hidup sehat sejak muda?”

Rasa penyesalannya membuat ia menyadari bahwa masa bodo nya saat muda, berdampak serius di masa tua.

Cerita di atas menjadi gambaran realita yang sebenernya sering terjadi di kehidupan kita. Kita mungkin sering berpikir, “Ah, masih lama ini gua tuanya, nanti aja deh hidup sehatnya!”. Memang proses penuaan itu pasti terjadi. Tapi, setiap orang memiliki pilihan untuk menua dengan cara yang berbeda dan itu ada pada pilihan masing-masing orang. Apakah mau sehat? Atau sakit-sakitan?

Bayangin aja, deh, kalau nanti kita udah tua tapi badan kita udah nggak bisa menikmati momen-momen berharga. Kita cuma bisa nontonin dari kursi, sementara teman-teman lain asyik berpetualang keliling dunia. Atau mungkin kita harus terus-terusan bolak-balik rumah sakit gara-gara nggak menjaga kesehatan sejak muda. Seram, kan?

Jangan sampe deh kita nyesel di masa tua nanti gara-gara dulu kita kurang peduli sama kesehatan! Karena itu, mulai sekarang yuk kita hidup sehat dengan melakukan tips berikut!

mencintai diri kita

1. Mulai dengan mencintai diri kita!

Kalau kita mencintai diri kita sendiri, pastinya kita mau yang terbaik untuk tubuh kita kan? Kita jadi lebih aware buat jaga kesehatan tubuh. Makan makanan sehat, olahraga yang kita suka, dan tidur cukup.


2. Rajin berolahraga

Olahraga bikin tubuh sehat, mood makin happy, dan stres makin kecil. Selain itu, menjaga tubuh tetap aktif dapat memperlambat proses penuaan pada sel-sel dan jaringan otak, sekaligus menurunkan risiko penyakit pada otak.


3. Konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang

Makanan juga jadi bagian penting dalam menua sehat. Makan banyak sayur dan buah-buahan, hindari makanan olahan berlebihan, dan pastikan tubuh kita dapet semua nutrisi yang dibutuhkan.

Konsumsi makanan

4. Cek kesehatan rutin

Jangan males buat periksain kesehatan kita. Deteksi dini masalah kesehatan itu penting ya, RedDears! Biar kita bisa antisipasi mulai dari sekarang.


5. Tidur cukup

Nih, buat anak-anak muda yang sering banget begadang! Tubuh kita butuh istirahat yang cukup, jangan kamu paksa bekerja di saat tubuh dan organ kita seharusnya beristirahat.


6. Hindari kebiasaan buruk

Kebiasaan merokok dan minum alkohol dapat menimbulkan banyak penyakit. Merokok dapat menyebabkan penyakit paru, kerusakan gigi, stroke, serangan jantung, kanker leher rahim dan keguguran. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan tukak lambung, kerusakan pada hati, hingga komplikasi gangguan psikiatri berat.


7. Menjaga berat badan ideal

Tahukah kamu kalau berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko mengalami berbagai penyakit serius? Orang dengan berat badan berlebih biasanya memiliki risiko yang lebih besar terhadap penyakit diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, beberapa jenis kanker, gangguan tidur, hingga osteoarthritis.



8. Aktif bersosial

Aktif bersosialisasi dapat meningkatkan kognisi dan fungsi otak. Melalui interaksi sosial, kita terlatih untuk berpikir secara aktif, mengingat hal-hal, dan menyelesaikan masalah. Aktivitas ini membantu menjaga keseimbangan kognitif dan dapat mengurangi risiko penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan.

Temukan kebahagiaan

9. Temukan kebahagiaan dari hal kecil di sekililing kita!

Menjalani hidup dengan bahagia dan penuh syukur dapat membantu kita menjaga pikiran dan hati tetap tenang. Kita jadi tidak mudah sedih dan stress, sehingga kesehatan fisik dan mental kita tetap terjaga.

10. Miliki tujuan hidup

Ketika kita memiliki tujuan yang jelas dan berarti, kita akan merasa lebih termotivasi untuk menjalani kehidupan dengan semangat dan antusias. Hal ini dapat memacu kita untuk tetap aktif dan bergerak maju.


Menua itu pasti, tapi menua dengan sehat itu pilihan kita! Semua bisa memiliki kesempatan untuk menikmati masa tua yang sehat. Jadi, ingatlah bahwa menua adalah bagian alami dari kehidupan yang tak bisa dihindari. Namun, pilihan ada di tangan kita untuk menjalani proses penuaan dengan sehat dan bermakna. Dengan mengutamakan kesehatan fisik dan mental, serta menjaga hubungan sosial yang positif, kita bisa menghadapi masa tua dengan penuh semangat dan kebahagiaan. Jadilah inspirasi bagi diri sendiri dan orang lain untuk menjalani penuaan dengan gaya hidup sehat, karena pada akhirnya, menua dengan sehat itu adalah pilihan yang paling berharga dalam perjalanan hidup kita.

114 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page