Puasa, Gak Bisa Olahraga? Jangan Alasan!

Diperbarui: 11 Mei


puasa gak bisa olahraga

Ya memang sih, olahraga saat puasa kedengarannya menyeramkan. Gimana tidak? Puasa saja harus nahan lapar dan haus. Bagaimana kalau ditambah dengan olahraga yang dapat menguras tenaga? Aduuhh… Membayangkan saja sudah gak kuat.

Tapi, FAKTANYA! Puasa bukan alasan untukmu untuk libur berolahraga! Dilansir dari Cleveland Clinic, manfaat olahraga saat puasa sangat penting untuk menjaga kesehatan, kebugaran, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, tetap perlu ada penyesuaian biar tubuh gak terlalu lelah dan dehidrasi selama puasa.

Nah, ini dia beberapa tips olahraga saat puasa agar gak mengganggu ibadah puasa Ramadhan kamu! 1. Kapan sih waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa?

waktu sahur
  • Sebelum Sahur Waktu yang disarankan untuk berolahraga selama Ramadhan adalah sebelum sahur lho teman-teman. Kamu bisa coba lakukan olahraga ringan di jam-jam ini. Sebelum itu, jangan lupa untuk minum air yang banyak sekitar setengah jam sebelum sahur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi ya!

  • Setelah buka puasa Setelah berbuka, coba untuk menunggu makananmu dicerna baik oleh tubuh biar gak sakit kalau kamu memaksa untuk langsung berolahraga. Kamu juga bisa lho, berbuka dengan makanan yang tidak berat agar olahragamu lebih efektif dan optimal. Nah, baru deh setelah olahraga kamu bisa mengomsumsi makanan yang berat.

  • Setelah isya Mau yang paling aman? Setelah Isya adalah waktu yang tepat guys! Karena pasti makanan yang kamu makan sudah tercerna dengan baik. Jadi olahragamu juga akan lebih berenergi.

2. Olahraga apa sih yang bisa dilakukan saat puasa?

Saat puasa, pilihlah olahraga dengan intensitas ringan. Kalau kamu terbiasa melakukan olahraga fisik ketahanan, plyometrics, kecepatan, dan kelincahan, mulailah dihindari sepenuhnya saat puasa! Buat kamu yang sudah terbiasa olahraga berat, jangan berprasangka buruk dulu. Ternyata menurut riset dari Universitas Georgia Amerika Serikat, mengatakan kalau olahraga berintensitas rendah bisa mencegah rasa lesu lho. Pas banget kan untuk yang menjalankan puasa? Nah, kira-kira apa saja sih olahraga yang bisa kamu lakukan?

olahraga saat puasa
  • Berjalan kaki

  • Jogging

  • Yoga

  • Bersepeda

  • Sit up

  • Push up




3. Makanan apa saja sih yang dapat membantu sesi olahraga saat puasa?

Selama puasa, tubuh pasti dehidrasi bukan? Makanya, penting banget untuk kamu tetap menjaga dan memperhatikan asupan air ya. Hindari terlalu beraktivitas di tengah siang bolong.

porsi makan saat puasa

Selain itu, porsi makanan juga perlu kamu perhatikan juga. Pastikan menu makanan tetap mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh. Khususnya karbohidrat dan protein.

Karbohidrat merupakan energi utama bagi tubuh. Apalagi, karbohidrat dapat mengembalikan kadar glukosa darah yang menurun saat berpuasa.

Kalau protein, merupakan zat yang diperlukan untuk pertumbuhan dan juga sebagai zat pembangun. Protein membantu memulihkan dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak ketika berolahraga.

jam tidur saat puasa

Itu dia beberapa tips untuk kamu biar semangat dan gak ada lagi alasan untuk tidak berolahraga!


Jangan lupa untuk memakai RedDee biar olahraga kamu makin semangat, dan pastinya nyaman banget dipakai saat puasa guys! Karena baju olahraga dari RedDee terbuat dari bahan yang adem banget dan menyerap keringat!


baju olahraga

18 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua