top of page

JANGAN TIDUR SEHABIS MAKAN, KALAU KAMU GAMAU KENA 4 PENYAKIT INI!

JANGAN TIDUR SEHABIS MAKAN

JANGAN TIDUR SEHABIS MAKAN, KALAU KAMU GAMAU KENA 4 PENYAKIT INI! 

Pernahkah kamu merasa ngantuk setelah makan? Kondisi perut yang kenyang memang kerap kali mengundang rasa kantuk, akibatnya gak jarang banyak orang yang langsung berbaring bahkan langsung tidur setelah makan.

 

Tau kah kamu? Tidur sehabis makan dapat memberikan efek negative terhadap tubuh, bahkan dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit lho! 

 

Simak baik-baik penjelasan berikut terutama untuk kamu yang punya kebiasaan buruk ini! Ingat JANGAN TIDUR SEHABIS MAKAN!!


Wajar gak sih merasa ngantuk setelah makan?

Yup! Ngantuk setelah makan merupakan hal yang wajar dan alami ya, RedDears.  

Tubuh kita memerlukan energi untuk mencerna makanan yang baru kita konsumsi. Saat itulah, darah kita dialihkan ke perut untuk membantu proses pencernaan. Akibatnya, jumlah darah yang masuk ke otak bisa sedikit berkurang, dan ini membuat kita merasa ngantuk.


Selain itu, ada beberapa makanan tertentu, terutama yang tinggi karbohidrat atau tinggi lemak, yang bisa membuat kita merasa lebih mengantuk. Ini terjadi karena makanan tersebut merangsang tubuh untuk melepaskan insulin, yang kemudian membantu mengonversi sebagian asam amino menjadi zat kimia bernama serotonin. Serotonin ini punya peran dalam membuat kita merasa rileks dan mengantuk.


Apa sih bahayanya tidur setelah makan? 

Walaupun ngantuk setelah makan merupakan hal wajar, tapi kebiasaan tidur setiap selesai makan malah akan memberikan memberikan efek negative terhadap tubuh, bahkan dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit, seperti: 


Gangguan Pencernaan 

Proses pencernaan membutuhkan waktu, dan tidur langsung setelah makan dapat mengganggu proses tersebut. Posisi paling baik adalah duduk atau berdiri tegak. Dengan begitu, pencernaan dan penyerapan makanan dapat optimal. Jika penyerapan tidak optimal, maka dapat menyebabkan nyeri perut, kembung dan rasa yang tidak nyaman.  


GERD 

Tidur setelah makan dapat menyebabkan refluks esofagus, di mana makanan yang masuk ke organ lambung berbalik arah ke atas. Hal ini menyebabkan sensasi terbakar di dada yang dikenal sebagai heartburn. Proses pencernaan makanan juga membutuhkan waktu, dan tidur langsung setelah makan dapat menghambat proses tersebut dan memungkinkan asam lambung untuk lebih mudah mencapai esofagus.  

Kondisi ini dapat membuat kerongkongan terasa panas serta menimbulkan rasamual dan ingin muntah. 


Obesitas 

Seseorang yang memiliki kebiasaan langsung tidur setelah makan, dapat mengakibatkan obesitas. Hal ini bisa terjadi karena tubuh tidak diberi kesempatan untuk mencerna dan membakar kalori dengan baik. sehingga menyebabkan tingkat metabolisme menurun.


Hal ini membuat tubuh kurang efisien dalam membakar kalori yang diperoleh dari makanan. Jika kebiasaan ini dilakukan secara teratur, kalori yang tidak terbakar dengan optimal dapat disimpan sebagai lemak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan risiko obesitas 


Memicu Diabetes

Tidur langsung setelah makan dapat memicu diabetes karena kebiasaan ini dapat memengaruhi kadar glukosa darah. Setelah makan, tubuh akan memerlukan insulin untuk membantu penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh. Tidur setelah makan dapat menghambat proses ini dan membuat tubuh lebih resisten terhadap insulin, yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Memberi jeda waktu antara makan dan tidur membantu tubuh mengatur kadar glukosa darah dengan lebih efektif. 


Berapa sih jeda waktu yang disarankan jika mau tidur setelah makan?

Jeda waktu yang disarankan jika ingin tidur setelah makan adalah sekitar 2-3 jam. Jeda waktu ini dapat membantu tubuh dalam proses pencernaan makanan. Di samping itu, juga dapat mengurangi risiko refluks asam, gangguan pencernaan, dan gangguan tidur. 

 

 

Tips menghindari kantuk setelah makan! 

Menghindari kantuk dan mengubah kebiasaan tidur setelah makan mungkin sulit dilakukan oleh sebagian orang. Tapi, kamu bisa coba beberapa tips berikut: 


  • Jangan makan terlalu banyak dan kurangi porsi makan biar ga gampang ngantuk! 

  • Tidur yang cukup dan berkualitas setiap hari 

  • Hindari posisi berbaring setelah makan agar tidak memicu rasa kantuk 

  • Memperbanyak asupan makanan bergizi seimbang 

  • Jika mulai merasa ngantuk, coba lakukan beberapa aktivitas ringan setelah makan 


Meskipun ngantuk setelah makan umumnya wajar, terlalu banyak makan atau mengonsumsi makanan berat dapat meningkatkan kelelahan dan membuat sulit untuk tetap fokus. Jika ngantuk setelah makan mengganggu aktivitas sehari-hari atau jika disertai dengan gejala lain yang mencurigakan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter ya, RedDears! 

21 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page