Sering Disepelekan! 7 Penyakit Ini Mengintai Si “Perut Buncit”!

Diperbarui: 12 Agu

Perut buncit sering banget dialami oleh banyak orang. Tapi faktanya, perut buncit ini kadang masih disepelekan oleh masyarakat. Padahal, perut buncit bisa jadi faktor penyebab 7 Penyakit Ini Mengintai kesehatan lho. Kira-kira apa saja ya?


obesitas

1. Obesitas Sentral

Menurut Kemenkes, Obesitas Sentral atau perut buncit yang berlebihan terjadi jika seseorang memiliki lingkar perut di atas 90 cm untuk pria dan 80 cm untuk wanita. Nah, obesitas sentral inilah yang menyebabkan penumpukan lemak visceral di perut dan berdampak pada penyakit bahaya lainnya, karena lemak visceral akan melepaskan produk metabolismenya langsung ke organ vital.


Kolestrol tinggi

2. Kolestrol tinggi

Lemak yang ada di perut kita dapat mempengaruhi kadar lemak dalam darah lho, khususnya kolestrol. Karena letaknya dekat dengan pembuluh darah yang menghubungkan usus ke hati, makanya, lemak dengan mudah akan melepaskan asam lemak ke aliran darah kemudian terbawa ke hati. Sehingga menyebabkan kolestrol tinggi.


3. Tekanan darah tinggi

Protein yang diproduksi oleh sel lemak dapat menyumbat di pembuluh darah dan menyebabkan peningkatan tekanan darah lho RedDears! Selain itu, ginjal juga dikenal berperan untuk meregulasi tekanan darah, karena penyumbatan lemak inilah, fungsi ginjal akhirnya terganggu dan menyebabkan kenaikan tekanan darah.


4. Diabetes

Berat badan berlebih dan perut buncit adalah salah satu faktor munculnya diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 ini gak bergantung pada insulin. Sedangkan kelebihan lemak akan membuat tubuh kita kebal terhadap insulin, yaitu hormon yang membawa gula dari darah ke sel tubuh. Nah, resistensi insulin adalah awal mula terjadinya penyakit diabetes tipe 2 ini, di mana sel-sel tubuh tidak dapat merespon insulin sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Penyakit diabetes tipe 2 juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lain, seperti penyakit jantung, kerusakan saraf, stroke, penyakit ginjal, dan gangguan penglihatan.


5. Penyakit jantung dan stroke

Lemak yang berlebihan akan tertimbun dan menumpuk di arteri yang memasok darah ke jantung. Ateri yang tersumbat dan menjadi sempit inilah yang menyebabkan serangan jantung. Selain itu, perut buncit cenderung memiliki penyakit lainnya, seperti tekanan darah tinggi, obesitas dan diabetes yang pastinya berperan juga terhadap penyakit jantung.

Penyakit jantung

6. Demensia

Riset oleh jurnal Annals of Neurology menyatakan bahwa semakin banyak lemak yang menumpuk di perut, maka volume otak akan semakin mengecil.

Ini menandakan adanya kemampuan kognitif yang buruk serta meningkatkan risiko demensia di kemudian hari.


7. Penyakit Kanker

Sebuah studi berbasis populasi memperkirakan bahwa sekitar 28.000 kasus baru kanker pada pria dan 72.000 pada wanita pada 2012 dikaitkan dengan kelebihan berat badan atau obesitas di Amerika Serikat.

Memiliki berat badan berlebih dan perut buncit ternyata dapat menyebabkan risiko seseorang terkena kanker tertentu seperti, kanker payudara, usus besar, kandung empedu, pankreas, ginjal, dan prostat, serta kanker rahim, leher rahim, endometrium, dan ovarium.



Lantas, gimana sih cara mengatasi perut buncit ini?


1. Rajin berolahraga

Kuncinya adalah bergerak aktif dan rajin berolahraga RedDears!

Setidaknya minimal 30 menit sehari deh kita bergerak. Selain membakar tumpukan lemak, olahraga bisa meningkatkan massa otot kita lho!


2. Memperhatikan asupan makanan sehari-hari

Nah, ini juga enggak kalah penting lho. Yaitu memperhatikan asupan makanan kita sehari-hari. Penting banget setiap makanan kita harus mengandung serat, protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral yang seimbang. Dan ternyata nih menurut riset, serat dapat mencegah timbunan lemak, RedDears!


bedtime

3. Jam tidur yang cukup

Siapa nih yang suka bergadang? Coba liat perut kamu, buncit gak tuh? Hihi.. Ternyata, tidur cukup 6-7 jam perhari tuh bermanfaat banget untuk mengecilkan perut. Eh, tapi bukan artinya kamu tidur terus dan ga gerak ya, RedDears. Itu mah, yang ada kamu jadi makin buncit hehe..


4. Hindari Stress

Beberapa orang akan makan secara terus-menerus saat mengalami stress. Ada baiknya untuk kita untuk pinter-pinter nih mengolah stress kita untuk membantu mengecilkan perut buncit.


5. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Asupan cairan yang cukup dapat membantu melancarkan pencernaan kita lho. Selain itu, coba deh saat sarapan, konsumsi air putih, sup rendah garam, jus dan smoothies rendah gula agar kita kenyang lebih cepat dan dapat mencegah makan berlebihan.


Itu dia bahaya dari perut buncit dan cara mengatasinya. Perut buncit bisa muncul karena perubahan hormon, kebiasaan sehari-hari yang buruk, bahkan adanya bakteri yang tidak kita sadari. Oleh karena itu, penting untuk kita memulai pola hidup sehat agar tidak terjadi hal-hal buruk seperti di atas, RedDears.


konsisten

Bukan hal yang mustahil lho reddears untuk memiliki tubuh yang sehat dan ideal, kuncinya adalah menjaga pola makan, konsisten dan rajin berolahraga! Jangan lupa pastinya selalu pakai RedDee untuk baju olahraga kamu ya!




5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua