Ngerasa Sulit Menurunkan Berat Badan? Ini Alasannya!

Diperbarui: 7 Nov


Sulit Menurunkan Berat Badan

Ngerasa Sulit Menurunkan Berat Badan? Ini Alasannya!

Semua orang pasti menginginkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Pastinya kita salah satunya kan? Mempunyai berat badan dan bentuk tubuh yang ideal dapat membangun kepercayaan diri seseorang. Dengan berat badan yang ideal pula, kita bisa terhindar dari berbagai penyakit salah satunya adalah obesitas.

Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan atau mempunyai berat badan ideal sangat sulit. Bahkan ada yang sudah berbulan-bulan tapi belum terlihat juga hasilnya. Kira-kira kenapa bisa begitu ya? Ini dia alasannya!

1. Menurunkan berat badan hanya dilakukan dalam jangka pendek

Ingat! Ga ada yang instan di dunia! Menurunkan berat badan tidak akan berhasil dalam jangka pendek. Karena semua itu butuh proses! Penurunan berat badan yang sukses adalah yang dapat menurunkan berat badan dan mempertahankannya untuk selamanya. Kalau diet yang turun sampai 5 kg atau lebih dalam seminggu, itu malah akan cepat mengembalikan berat badan kamu! Karena sebenarnya, menurunkan berat badan membutuhkan dedikasi tinggi dan membiasakan diri melakukan pola hidup sehat!


Menurunkan berat badan

2. Berpikir hanya berolahraga cara utama dalam penurunan berat badan

Olahraga memang penting untuk tubuh kita. Tapi untuk dapat menurunkan berat badan ya harus diimbangi dengan pola makan yang baik juga. Olahraga yang disertai dengan kalori defisit, akan sangat membantu proses diet kita. Diet kaya buah, sayuran, lemak sehat, protein tanpa lemak, dan beberapa biji-bijian utuh akan membantu dalam hal penurunan berat badan dan kesehatan yang berkelanjutan. Pastinya dikombinasikan dengan olahraga yang konsisten ya!

mengonsumsi protein

3. Tidak mengonsumsi protein yang cukup

Saat proses diet, lebih baik adalah mengonsumsi makanan kaya akan protein. Karena ternyata protein adalah nutrisi penting untuk menurunkan berat badan kita lho. Dengan mengonsumsi makanan kaya akan protein, dapat secara drastis menurunkan hasrat dan keinginan kita untuk ngemil! Makanya, makanan berprotein tinggi sangat cocok dimakan saat sarapan untuk mengurangi rasa lapar dan ngemil sepanjang hari. 4. Masalah kecemasan, stress dan kurang tidur

Menurut para ahli, jika seseorang yang menjalani program diet dan berolahraga, namun menderita masalah kecemasan, stress bahkan sampai sulit untuk tidur, maka bisa membuat orang tersebut susah menurunkan berat badan.

Masalah kecemasan, stress dan kurang tidur

Kok bisa ya?

Ternyata jika tubuh kita tidur kurang dari 6 jam, maka tubuh kita akan memproduksi ghrelin atau hormon yang merangsang nafsu makan. Akibatnya bisa ditebak dong? Ya sebentar-sebentar perut kita akan merasa lapar deh.

5. Melewatkan sarapan, kemudian makan dalam jumlah besar

Apakah kamu tau? Diet yang baik adalah diet yang tidak membuat kita merasa lapar. Banyak orang yang beranggapan, untuk mengurangi kalori adalah dengan makan sedikit mungkin dan melewatkan sarapan. Lalu, apa yang terjadi kalau terus-terusan seperti ini? Tubuh akan melakukan mekanisme untuk mendorong kita mendapatkan makanan lebih banyak di malam harinya.

Sebaiknya saat sedang menurunkan berat badan, buatlah rencana makan sepanjang hari. Jadi kita akan tau nih berapa kalori dan nutrisi yang kita dapatkan selama sehari, sehingga kita tidak akan merasa kelaparan. 6. Faktor genetika

Faktor genetika

Terima tidak terima, suka tidak suka. Ketahuilah, bahwa menurut Obesity Medicine Association, gen menyumbang sekitar 40-70% kasus obesitas! Bahkan Kemenkes RI juga menjelaskan bahwa peluang terjadinya obesitas keturunan pada anak-anak sebesar 40 – 50%, jika salah satu orang tuanya obesitas. Jika kedua orang tuanya obesitas, peluang anak mengalami obesitas genetik akan lebih tinggi, yakni sebesar 70 – 80%.

Eits! Tapi jangan takut! Faktor genetik penyebab obesitas memang ada, tetapi tidak dapat membuat seseorang langsung memiliki berat badan berlebihan sejak lahir. Semua balik lagi dengan pola hidup, pola makan dan segala aktivitas kita. Karena kita sendirilah yang menentukan dan mengontrol gaya hidup kita supaya tidak memiliki berat badan berlebih.

Memang tidak mudah menurunkan berat badan. Semua itu butuh proses ya RedDears! Untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan berat badan dan tubuh yang ideal, kita harus melakukan perubahan pada pola makan dan gaya hidup kita.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan aktivitas fisik. Misalnya nih yang paling mudah, yaitu dengan bersepeda ke sekolah, atau naik kendaraan umum yang mengharuskan kita untuk berjalan kaki ke halte, membersihkan rumah saat weekend serta mengurangi rebahan di kasur sambil menonton tv. Semua kegiatan mudah ini bisa kita lakukan lho setiap hari.


Apalagi nih untuk yang masih muda, lebih baik dimulai dari sekarang yuk merubah pola makan dan pola hidup ke arah yang lebih sehat. Perubahan yang sehat ini jangan cuman dilakukan kalau lagi mau aja, atau kalau lagi ingat. Tapi jadikan ini sebagai kebiasaan ya!


Pastinya jangan lupa meluangkan waktu untuk berolahraga ya minimal 30 menit sehari! Dengan berolahraga secara teratur akan membantu menurunkan berat badan, menjaga berat badan tetap stabil, serta membantu menyehatkan badan kita secara keseluruhan! RedDee akan menemani setiap aktivitas olahraga kamu!




4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua