top of page

WAJIB TAHU! PERSIAPKAN 5 HAL INI UNTUK MENYAMBUT BULAN PUASA!


5 HAL INI UNTUK MENYAMBUT BULAN PUASA

WAJIB TAHU! PERSIAPKAN 5 HAL INI UNTUK MENYAMBUT BULAN PUASA!


Bulan Ramadhan bulan penuh berkah!

Seluruh umat muslim di dunia pasti sangat menunggu-nunggu bulan Ramadhan ini. Apalagi, pada bulan Ramadhan, segala ibadah yang dilakukan akan dilipatgandakan. Selain menahan lapar, bulan Ramadhan ternyata mengajarkan umat Muslim untuk lebih sabar dan menahan diri dari berbagai godaan.


Sebelum memasuki bulan Ramadhan yang suci ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar ibadah kita nantinya berjalan lancar. Berikut persiapan yang wajib kamu tahu!


1. Mulai Mengatur Waktu Tidur

Buat kamu yang sering begadang, atau malah susah bangun. Mulai sekarang biasakan diri bangun lebih awal agar tubuh terbiasa untuk bangun pagi sehingga nantinya tidak terlambat untuk melakukan sahur! Selain agar tidak telat bangun sahur, tidur yang cukup akan membantu tubuh dan pikiran kita lebih siap dan fokus untuk beraktivitas sehari-hari selama puasa.


2. Menyiapkan Mental

Berpuasa bukan hanya menahan nafsu makan dan minum. Bukan juga menahan lapar dan dahaga saja lho. Karena berpuasa sesungguhnya adalah menguji kesabaran, menahan diri dari berbagai godaan dan melatih ketahanan mental.

Selain itu, mental kita harus dipersiapkan dengan penuh keimanan dan ikhlas dalam beribadah. Dengan demikian, maka kesulitan dan sikap malas dalam ibadah bisa diatasi dan dihilangkan, sehingga ibadah menjadi terasa mudah dan menyenangkan.

Maka dari itu, mulai sekarang persiapkan diri kita untuk membangun mental yang kuat dan positif ya.


3. Menjaga Pola Makan

Pola makan yang sehat dan seimbang dapat membantu tubuh kita memperoleh nutrisi yang cukup untuk menjaga energi dan kesehatan kita selama berpuasa.

Mulailah untuk makan makanan yang mengandung banyak protein, serat, vitamin dan mineral untuk memberikan nutrisi yang cukup pada tubuh sebelum puasa. Selain itu, kurangi makanan pedas dan berlemak yang dapat mengganggu pencernaan terutama saat berpuasa.


4. Menjaga Hidrasi

Sebelum memulai puasa, pastikan tubuh kita cukup minum air putih. Hal ini dapat membantu tubuh kita agar tetap terhidrasi selama berpuasa dan dapat membantu mengurangi rasa lapar dan dahaga.

Kita juga dapat mengurangi konumsi kafein dan yang mengandung banyak garam agar cairan di dalam tubuh kita tetap terjaga dan tidak mudah keluar.


5. Mengubah Kebiasaan Buruk

Agar ibadah puasa menjadi lebih lancar, kita harus mengubah kebiasaan buruk yang sering kita lakukan selama ini. Seperti jarang shalat, begadang, merokok, minum alkohol, menonton hal-hal yang tidak bermanfaat, bertengkar dengan orang lain atau jarang melakukan amal ibadah.

Kebiasaan butuk ini dapat mempengaruhi kesehatan kita dan membuat kita merasa tidak nyaman saat berpuasa nantinya.


Itulah 5 persiapan yang wajib kita tahu sebelum menjalani puasa!

Dengan mempersiapkan diri dari hal kecil, akan memudahkan kita untuk menjalani ibadah puasa tanpa harus merasa lemas, lelah dan tidak nyaman. Selain itu, dengan persiapan yang baik dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita selama berpuasa.


Tentunya saat berpuasa, tubuh kita juga harus tetap terjaga staminanya dengan berolahraga ringan. Dan pastinya, kamu dapat memilih baju olahraga yang sesuai dengan kebutuhanmu hanya di RedDee.id!

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page