top of page

5 KEBIASAAN OLAHRAGA YANG SALAH SAAT BERPUASA

5 KEBIASAAN OLAHRAGA YANG SALAH SAAT BERPUASA

5 KEBIASAAN OLAHRAGA

Puasa adalah momen yang sangat penting bagi umat muslim di seluruh dunia. Di mana umat muslim akan membatasi makan dan minum dari matahari terbit hingga terbenam. Meskipun dalam kondisi puasa, banyak orang yang tetap ingin berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, banyak juga di antara mereka yang melakukan kesalahan dalam berolahraga yang akhirnya berdampak buruk pada kesehatan dan mengurangi manfaat olahraga itu sendiri.

Kesalahan umum yang dilakukan saat berpuasa adalah

  • Tidak berolahraga sama sekali

  • Berolahraga dengan intensitas yang terlalu tinggi

  • Berolahraga di bawah sinar matahari terik

  • Tidak cukup minum air putih

  • Berolahraga saat perut kosong

Jika melakukan hal di atas, maka dapat menyebabkan kelelahan, dehidrasi dan bahkan dapat merusak otot.

Lalu kira-kira gimana ya solusinya? Coba simak di bawah ini yuk!


1. Ubah mindset

Banyak orang menganggap bahwa berolahraga saat berpuasa akan membuat mereka lebih cepat lelah dan kekurangan energi. Yang akhirnya membuat mereka untuk tidak olahraga sama sekali. Padahal, olahraga tetap penting dilakukan walau sedang berpuasa lho, karena dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga yang tepat juga dapat membantu menjaga kondisi fisik dan mental selama bulan puasa.

2. Berolahraga dengan intensitas yang tepat

Mungkin di antara kita memiliki kebiasaan berolahraga dengan intensitas yang tinggi sebelum bulan puasa. Kebiasaan ini harus dihindari saat bulan puasa karena dapat memicu kelelahan dan bahkan dehidrasi. Selain itu, berolahraga dengan intensitas yang terlalu tinggi juga dapat memicu kerusakan otot dan peningkatan kadar asam laktat dalam tubuh lho RedDears!

Karena itu, penting untuk kita mengatur intensitas olahraga secara tepat dan harus disesuaikan dengan kondisi tubuh kita ya!

3. Hindari berolahraga di bawah sinar matahari terik

Puasa dapat menyebabkan dehidrasi. Kalau kita menambahkan dengan berolahraga di bawah sinar matahari terik, coba bayangkan apa yang terjadi? Yang tubuh kita semakin dehidrasi dan dapat memperburuk kondisi kesehatan kita. Makanya, sebaiknya pilih olahraga di dalam ruangan atau mungkin saat matahari tidak terik ya guys!


4. Tidak cukup minum air putih

Dehidrasi menjadi masalah umum yang terjadi saat sedang menjalankan puasa. Lalu gimana caranya agar kita memenuhi kebutuhan cairan harian dalam tubuh? Kita bisa menggunakan rumus 2-4-2, apa tuh? 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam dengan pembagian satu gelas air putih sebelum makan, satu gelas air putih setelah makan malam, satu gelas air putih setelah tarawih, dan satu gelas air putih menjelang tidur, lalu 2 gelas saat sahur. Hindari juga minuman yang mengandung kafein dan gula berlebihan karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi.


5. Berolahraga saat perut kosong

Berolahraga dengan perut kosong saat berpuasa dapat menyebabkan rasa lelah, kekurangan energi dan dapat menguras stamina kita. Karena itu, kita harus pintar memilih waktu olahraga yang tepat. Seperti sebelum berbuka atau setelah berbuka dengan jeda sekitar 1-2 jam setelah makan. Pemilihan olahraga yang juga sangat penting, pilihlah olahraga ringan seperti yoga, jalan kaki, bersepeda dan lainnya.

Jadi olahraga saat puasa tetap penting dilakukan ya RedDears!

Tapi ada beberapa hal yang harus tetap diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan saat berolahraga saat berpuasa. Dengan memperhatikan solusi di atas, tubuh akan tetap fit dan semangat olahraga walau sedang berpuasa!

Pemilihan baju olahraga juga gak kalah penting saat sedang berpuasa. Disarankan untuk memilih bahan yang ringan, bernapas, dan berpori-pori seperti katun atau polyester. Pilihlah ukuran yang pas dan tidak terlalu ketat, serta hindari baju olahraga yang terlalu longgar atau terlalu pendek. Selain itu, pastikan untuk memperhatikan warna baju olahraga yang dipilih, karena warna yang gelap dapat menyerap panas lebih banyak dan membuat tubuh lebih mudah kepanasan saat berolahraga. Pastinya kamu bisa cek baju olahraga dari RedDee ya!

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarii


bottom of page