top of page

5 KEBIASAAN SEPELE PENYEBAB OBESITAS YANG WAJIB KAMU TAHU!

5 KEBIASAAN SEPELE PENYEBAB OBESITAS YANG WAJIB KAMU TAHU!

penyebab obesitas

Sebelumnya sudah pada tahu belum sih apa itu obesitas?

Obesitas adalah kondisi di mana terjadinya penumpukan lemak yang berlebihan pada tubuh akibat ketidak seimbangan asupan energi dengan energi yang dikeluarkan dalam waktu yang lama.

Dan faktanya obesitas adalah sumber dari segala penyakit dan menjadi masalah medis yang dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti ginjal, hipertensi, diabetes, jantung, tekanan darah tinggi, kanker bahkan stroke.

Nah kamu pasti gak ingin kan kena penyakit tersebut?

Kira-kira kebiasaan sepele apa yang tanpa kita sadari telah kita lakukan yang dapat menyebabkan obesitas ya? Yuk simak di bawah!

1. Kurang tidur Ketika kita kurang tidur, hormon ghrelin akan meningkat dan hormon leptin akan menurun. Tapi apa sih hormon ghrelin dan hormon leptin?

Hormon ghrelin adalah hormon yang dilepaskan di perut untuk mengirimkan sinyal rasa lapar ke otak, hormon ghrelin biasanya meningkat saat perut sedang kosong. Sedangkan hormon leptin adalah hormon yang dilepaskan dari sel lemak untuk menekan rasa lapar dan mengirim sinyal kenyang ke otak. Nah, saat kurang tidur maka tubuh kita lebih banyak memproduksi hormon ghrelin daripada hormon leptin. Karena kondisi ini, nafsu makan kita menjadi meningkat. Kurang tidur juga dapat mengurangi proses metabolisme dan pembakaran kalori saat tidur. Padahal tubuh kita dapat membakar kalori 5% - 20% lho saat tidur. Selain itu, kurang tidur juga dapat memicu hormon kortisol atau hormon stress yang dapat meningkatkan nafsu makan.

2. Makan sambil nonton atau main gadget

Saat menonton atau main gadget, fokus kita lebih tertuju kepada benda tersebut. Akhirnya kita jadi tidak menyadari berapa banyak makanan yang telah masuk ke dalam tubuh dan akhirnya terus menerus melakukan aktivitas tersebut. Kita jadi kurang fokus saat mengunyah. Padahal mengunyah yang benar dapat membuat lambung kita memproses makanan dengan baik dan mengirim sinyal kenyang.

3. Tidak sarapan Siapa di sini masih beranggapan bahwa sarapan membuat gemuk? Kalau kamu masih berpikir begitu, maka kamu salah!

Karena sebenarnya, sarapan memberikan banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi harian kita lho! Sarapan juga dapat meningkatkan fungsi otak, menjaga stamina dan menjaga ketahanan fisik.

Kalau kita memulai hari dengan perut kosong hanya bikin kita tidak bersemangat dan kekurangan energi. Apalagi, perbedaan antara waktu makan malam dan sarapan biasanya sekitar 8-10 jam. Jika kita melewatkan sarapan, maka saat makan siang dan makan malam kita cendurung akan makan lebih banyak dibanding yang seharusnya. Ya kalau ini dijadikan kebiasaan, maka bisa menyebabkan obesitas.

4. Overthinking berujung stress Siapa nih yang suka overthinking dan stress bawaannya makan terus? Tau gak sih, menurut penelitian yang dilakukan oleh Department of Epidemiology and Public Health dari University College London (UCL), ternyata stress dapat memicu obesitas lho.

Hormon stress atau kortisol akan meningkat saat diri kita mengalami tekanan. Dan akhirnya, hormon stress ini akan mengalihkan seseorang untuk terus mengonsumsi makanan atau yang disebut dengan “kenyamanan makan”. Di mana seseorang akan terus mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula dalam upaya membuat perasaan mereka menjadi lebih baik.

5. Kebanyakan makan makanan olahan Tahu gak sih salah satu faktor risiko terbesar obesitas adalah makanan olahan? Bahkan faktanya, salah satu penyebab obesitas terbesar di negara barat adalah makanan olahan!

Memang sih makanan yang kita makan sebagian sudah melalui proses pengolahan. Tapi yang bahaya adalah makanan yang pengolahannya ditambahkan bahan kimia yang terbuat dari senyawa sintetis.

Padahal, makanan olahan tidak pernah direkomendasikan oleh ahli gizi, karena makanan tersebut rendah serat, makronutrien, tinggi natriun dan gula, serta rendah protein.


Itu dia kebiasaan sepele yang mungkin tidak kita sadari telah kita lakukan sehari-hari. Apakah kamu memiliki salah satu kebiasaan di atas? Kalau ada, yuk mulai sekarang kurangi kebiasaan buruk tersebut dan mulailah pola hidup yang lebih sehat!


Perlu digaris bawahi, bahwa obesitas terjadi karena tubuh mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibakar, baik lewat olahraga maupun aktivitas normal. Yang mana hal ini mengakibatkan kalori yang tertimbun berubah menjadi lemak. Karena itu, mulailah olahraga dan bergerak aktif bersama RedDee. Karena RedDee akan menemani segala aktivitas sehatmu!


14 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント


bottom of page