6 Tips Buka Puasa yang Sehat dan Benar!

Diperbarui: 11 Mei

Pernah terbesit dipikiran kamu nggak, “apakah cara buka puasa aku sudah benar?”. Dipikir-pikir, buka puasa kemarin kayaknya langsung makan gorengan deh, terus nggak langsung minum air putih. Tegak es sirop biar tenggorokan seger. Lalu, langsung makan makanan pedas biar makin semangat bukanya!

Tips Buka Puasa

Kalau kamu baca kalimat di atas sambil mengiyakan, artinya cara berbuka puasa kamu salah tuh guys!


Memang momen buka puasa adalah momen yang ditunggu-tunggu selama ibadah puasa. Enggak jarang juga, banyak orang yang malah kalap menyantap hindagan buka puasa di meja. Padahal ya guys, berbuka dengan cara yang sehat dan benar, dapat membantu mengembalikan energi dan mencegah penyakit yang mungkin terjadi lho!


Nah, buat kamu yang selama ini berbuka dengan cara yang salah, ini dia cara buka puasa yang sehat dan benar!


1. Segera Berbuka!

Begitu adzan magrib berkumandang Muslim dianjurkan untuk menyegerakan berbuka puasa.

Rasulullah SAW bersabda: “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari no.1957 - Muslim no.1098).
Minum Air Putih yang Cukup

2. Minum Air Putih yang Cukup

Selama puasa, tubuh kita pasti menahan haus. Tapi tau kah kamu, kebutuhan minum 2 liter sehari tetap harus dicukupi lho. Walau lagi puasa, kebutuhan ini enggak akan berubah ya guys. Apalagi kalau kamu banyak beraktivitas dan berkeringat. Asupan air yang dibutuhkan juga pasti bertambah.

Nah, salah satu tips untuk memenuhi kebutuhan cairan selama puasa adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air.


3. Makan yang Cukup dan Tidak Berlebihan

Makan yang Cukup dan Tidak Berlebihan

Banyak orang yang saat buka puasa, langsung kalap menyantap makanan. Enggak jarang juga, perut mereka langsung sakit karena gangguan pencernaan dan kemungkinan kadar gula dan tekanan darah meningkat.

Ada tips yang bisa kamu terapkan nih. Pertama kamu bisa berbuka dengan makanan pembuka. Habis itu kamu bisa menjalankan Salat Magrib dulu ya. Lalu habis itu, kamu bisa langsung menyantap makanan utama ya.


4. Mengonsumsi Takjil yang Sehat

Saat berbuka, utamakan makanan yang mengandung banyak air, rendah lemak, dan mengandung gula alami ya guys. Kamu bisa mengonsumsi air putih dan 3 buah kurma, sup, kolak, smoothies, atau buah-buahan

Takjil yang Sehat

5. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Selama berbuka puasa, sangat baik untuk berbuka dengan makanan yang dapat memenuhi nutrisi tubuh kamu. Pastikan makanan yang kamu konsumsi punya gizi yang seimbang, buah, sayur dan makanan yang kaya akan protein.

Makanan Bergizi

6. Hindari Mengonsumsi Makanan Tidak Sehat

Dianjurkan untuk menghindari makanan goreng-gorengan, tinggi lemak, makanan kemasan dan kalengan, makanan yang terlalu pedas dan terlalu asam.

Makanan Tidak Sehat

Selama puasa ataupun tidak memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat. Lebih baik untuk menghindari makanan seperti gorengan, tinggi lemak dan makanan tidak sehat lainnya. Nah, pastinya jangan lupa nih guys untuk berolahraga ringan selama berpuasa ya. Jangan jadikan puasa sebagai alasan kamu ya untuk tidak berolahraga! Kalau penasaran gimana caranya, kamu bisa langsung cek https://www.reddee.id/post/puasa-gak-bisa-olahraga-jangan-alasan ya!


pakaian olahraga

11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua