Tips Memulai Olahraga Untuk Pemula!


tips memulai olahraga

Tips Memulai Olahraga Untuk Pemula!


Olahraga teratur adalah salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk kesehatan kita.


Faktanya, kita akan mulai melihat dan merasakan manfaat berharga dari berolahraga setelah kita konsisten melakukannya. Tapi, konsisten berolahraga juga membutuhkan tekad yang kuat dan kedisplinan yang tinggi lho.


Maka karena itu, jika kamu sedang di tahap ingin berolahraga karena mulai menyadari betapa pentingnya berolahraga, maka artikel ini akan sangat cocok untuk kamu!


Sebelum itu, kenapa sih olahraga itu penting?


Pasti sudah sering dengar orang-orang bilang, “Olahraga dong biar sehat!”. Tapi apakah kamu tahu sebenernya apa saja manfaat olahraga?


olahraga teratur
  • Olahraga teratur telah terbukti meningkatkan kesehatan kita secara signifikan.

  • Membantu mencapai dan mempertahankan berat badan dan massa otot.

  • Mengurangi risiko penyakit kronis.

  • Olahraga dapat meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental.

  • Membantu agar tidur lebih nyenyak, dan bahkan meningkatkan kehidupan seks.

  • Meningkatkan energi dalam tubuh.

  • Membantu menaikan kualitas hidup.


Lalu, gimana sih cara memulainya?


Kita perlu mempertimbangkan beberapa hal ini sebelum memulai olahraga!


1. Periksa kesehatan

Untuk kamu yang baru mau melakukan aktivitias fisik yang berat dan kuat. Penting banget nih RedDears untuk berkonsultasi dulu dengan dokter dan mendapatkan pemeriksaan medis fisik sebelum memulai aktivitas rutin olahraga.


Melalui pemeriksaan ini, kita dapat mendeteksi masalah dan kondisi Kesehatan yang dapat membuat kita berisiko mengalami cedera saat berolahraga. Dari pemeriksaan ini pula, kita dapat lebih mudah membuat rencana latihan yang sesuai dengan kebutuhan kita sehingga lebih optimal.


2. Buat rencana latihan dan tetapkan tujuan yang realistis

Untuk kamu yang pemula, cobalah membuat rencana latihan dan tujuan yang ingin dicapai secara realistis. Rencana latihan ini dapat berupa aktivitas latihan yang mudah diikuti hingga akhirnya dapat terus dikembangkan dengan berjalannya waktu.


Misalnya, jika tujuanmu adalah menyelesaikan lari 5 kilometer, kamu bisa mulai dengan membuat rencana berlari dalam jarak pendek dahulu. Setelah berhasil menyelesaikan lari jarak pendek tersebut, tingkatkan perlahan-lahan jaraknya hingga kamu dapat berlari sepanjang 5 kilometer dalam satu sesi.


Karena memulai dengan tujuan kecil yang dapat dicapai akan meningkatkan peluang untuk sukses dan membuat kita tetap termotivasi di setiap langkah.


running

3. Jadikan olahraga sebagai kebiasaan!

Kunci sukses dari olahraga adalah jadikan itu sebagai rutinitasmu!


Olahraga menjadi mudah, ketika dijadikan sebagai kebiasaan dan dilakukan secara teratur. Cara termudah untuk mempertahankan rutinitas olahraga adalah dengan membuat jadwal berolahraga pada waktu yang sama setiap hari.


Beberapa tips menjalani olahraga untuk pemula!


  • Tetap terhidrasi

Jangan lupa untuk mengisi kembali cairan tubuh saat berolahraga ya RedDears! Hal ini sangat penting untuk menjaga performa optimal, terutama saat berolahraga di suhu panas Selain itu, menghidrasi setelah berolahraga dapat membantu memulihkan dan mempersiapkan diri untuk sesi latihan berikutnya


  • Mengonsumsi makanan bernutrisi

Ingat! We are what we eat! Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk mendukung olahraga kamu.


  • Jangan lupa pemanasan sebelum berolahraga

Dengan melakukan pemanasan dapat membantu mencegah cedera dan meningkatkan performa kita. Selain itu, juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi rasa sakit setelah berolahraga lho!


  • Pendinginan juga tidak kalah penting setelah berolahraga

Dengan melakukan pendinginan, dapat membantu memulihkan pola pernapasan normal dan bahkan mengurangi kemungkinan nyeri otot.


  • Jangan terlalu memaksakan diri, dengarkan tubuhmu

Untuk kamu yang pemula dan tidak terbiasa berolahraga setiap hari, pehatikan batasanmu ya. Jika kamu merasa sakit saat berolahraga, maka hentikan dan beristirahatlah! Karena jika kamu memaksakan, hal ini bisa menyebabkan cedera pada tubuhmu.


Jadi, bagaimana sih cara untuk tetap termotivasi berolahraga?


Kunci untuk tetap termotivasi dan menjadikan olahraga sebagai kebiasaan adalah dengan bersenang-senang saat melakukannya!


Untuk menjaga motivasi, cobalah menggabungkan jenis olahragamu, dari nge-gym, pilates, yoga, muaythai, sepeda atau lainnya.

Memang sih, memulai olahraga itu sulit. Tapi, kalau kita sudah memiliki tujuan yang jelas, hal ini bisa membantu kita untuk termotivasi dan tetap konsisten untuk berolahraga lho! Jangan lupa juga untuk tetap mengonsumsi makanan dengan pola gizi seimbang ya!


Jadi tunggu apa lagi?

Mulailah berolahraga hari ini! RedDee siap menemani semua aktivitas olahragamu!

Karena RedDee diproduksi dengan bahan berkualitas, nyaman, menyerap keringat dan cepat kering. Tentunya baju olahraga dari RedDee juga selalu menjaga kualitas produksi dan jahitan!


Baju Olahraga

Pakaian Olahraga


3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua