top of page

Tips Olahraga Saat Puasa Tanpa Takut Dehidrasi

Jogging saat puasa

Saat bulan Ramadhan datang, banyak orang berpikir bahwa mereka harus berhenti melakukan beberapa hal, termasuk olahraga, agar bisa berpuasa dengan lancar. Ada anggapan bahwa berolahraga bisa membuat kita cepat merasa haus dan lapar, jadi sebaiknya dihindari selama puasa.


Tapi, benarkah kita harus berhenti olahraga saat puasa? Apakah ada cara agar kita tetap bisa berolahraga meskipun sedang berpuasa?


Jawabannya sederhana: Kita masih bisa olahraga saat puasa!

Asalkan kita tahu jenis olahraga yang cocok dan waktu yang tepat untuk melakukannya. Saat puasa, tubuh kita punya energi terbatas karena kita tidak bisa minum dan makan sepanjang hari. Jadi, kita harus berhati-hati agar tidak kekurangan cairan dan gizi.


Salah satu pilihan olahraga yang baik saat puasa adalah gym atau fitness. Ini karena kita bisa berolahraga di dalam ruangan tanpa terkena panas matahari yang bisa membuat tubuh lemas. Selain itu, olahraga di gym juga bisa meningkatkan kinerja jantung dan membantu kita membakar lemak.


 

Tips Olahraga saat Puasa


Olahraga di gym saat puasa dapat membantu meningkatkan kinerja jantung, mengoptimalkan metabolisme tubuh, bahkan membantu dalam pengurangan massa lemak tubuh. Tentu saja, dengan catatan latihan dilakukan dengan aman dan disesuaikan dengan kondisi tubuh.


Namun, energi yang terbatas selama berpuasa menuntut penyesuaian dalam intensitas, durasi, dan jenis latihan. Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa dipertimbangkan untuk tetap berolahraga saat puasa:


Pilih Waktu yang Tepat


Sore menjelang magrib

Perhatikan jadwal gym yang sesuai dengan aktivitas harianmu. Optimalnya, lakukan gym sebelum berbuka atau setelah sholat tarawih di malam hari.



Kurangi Intensitasnya


Wanita sedang olahraga

Hindari latihan dengan intensitas tinggi. Angkat beban yang ringan selama 30 menit atau konsultasikan dengan personal trainer untuk latihan yang sesuai.



Perhatikan Jenis Latihan


Jogging bersama teman

Pilihlah latihan dengan intensitas sedang seperti latihan beban ringan atau jogging di atas treadmill.



Penuhi Asupan Nutrisi


Makanan Bernutrisi

Pastikan asupan kalori yang cukup dengan memperbanyak konsumsi protein, serat, dan karbohidrat saat sahur dan berbuka. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup.



Tidur Cukup


Tidur

Jaga waktu tidur selama 8 jam per hari untuk menjaga kebugaran tubuh.



Jadi, meskipun berada dalam suasana Ramadhan, olahraga tetap bisa menjadi sahabat setia untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhmu. Dengan sedikit penyesuaian dan kesadaran akan kondisi tubuh, puasamu akan tetap lancar dan tubuhmu tetap sehat bugar. Semangat berolahraga!

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page