top of page

WAJAR GAK SIH PEGAL-PEGAL SETELAH OLAHRAGA???


PEGAL-PEGAL SETELAH OLAHRAGA

WAJAR GAK SIH PEGAL-PEGAL SETELAH OLAHRAGA???


Apakah kamu pernah merasakan pegal-pegal setelah berolahraga? Di mana badan terasa kaku dan nyeri pada otot. Tapi apakah rasa ini sebenarnya wajar???

Jangan khawatir ya RedDears! Pegal-pegal setelah olahraga merupakan hal yang wajar kok! Hal ini sering terjadi pada banyak orang. Yuk simak penjelasannya!


Pegal-pegal pasca olahraga, apa yang sebenarnya terjadi?


Pegal-pegal setelah olahraga, atau yang dalam istilah medis disebut DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness), adalah gejala yang umum terjadi setelah melakukan aktivitas fisik yang lebih berat atau baru bagi tubuh kita. DOMS biasanya muncul dalam waktu 24 hingga 72 jam setelah olahraga dan dapat berlangsung hingga beberapa hari. Jadi, jangan panik jika rasanya seperti ada 'penyakit' yang menyerang tubuhmu setelah latihan, karena sebenarnya itu adalah pertanda tubuhmu sedang beradaptasi!


Penyebab terjadinya DOMS


Nah, sebenarnya apa yang terjadi di balik pegal-pegal tersebut? Ketika kita melakukan aktivitas fisik yang lebih intens dari biasanya, otot-otot kita akan mengalami kerusakan mikroskopis. Saat otot bekerja keras, terjadi perubahan dalam serat otot dan ada kerusakan kecil pada jaringan otot itu sendiri. Proses inilah yang kemudian memicu inflamasi dan merangsang respons pemulihan tubuh.

“Inflamasi adalah reaksi kekebalan alami yang dimiliki tubuh untuk melawan berbagai serangan penyakit atau mikroorganisme jahat. Inflamasi pada tubuh bisa terjadi akibat berbagai hal. Contohnya ketika jaringan tubuh mengalami infeksi, panas, cedera, atau terkena racun.”

Selain itu, saat kita berolahraga, otot-otot kita juga menghasilkan asam laktat, yang merupakan produk sampingan metabolisme saat tubuh bekerja keras. Asam laktat ini bisa menyebabkan rasa kelelahan dan ketegangan pada otot-otot kita. Oleh karena itu, rasa pegal-pegal setelah olahraga bukanlah sesuatu yang aneh.


DOMS

Siapa yang dapat mengalami DOMS


Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) biasanya dirasakan pada orang yang baru memulai olahraga atau melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. DOMS juga bisa dirasakan oleh orang yang baru memulai olahraga Kembali setelah sekian lama.


Nah, semakin kita sering melakukan olahraga yang sama. Tubuh kita akan beradaptasi sehingga kemungkinan untuk mengalami DOMS akan jauh lebih kecil.


Tips mengurangi gejala DOMS


Meskipun pegal-pegal setelah olahraga adalah hal yang wajar, bukan berarti kita harus menderita terus-menerus lho RedDears!


Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gejala DOMS dan membantu tubuh kita lebih cepat pulih!


Peregangan

Lakukan peregangan sebelum dan setelah olahraga untuk membantu meningkatkan fleksibilitas otot-ototmu. Ini dapat membantu mengurangi kekakuan dan meningkatkan sirkulasi darah.


Pijatan atau terapi fisik

Memijat atau menggunakan terapi fisik seperti pemijatan dengan bola pijat atau roller foam dapat membantu mengurangi kekakuan otot dan meredakan rasa pegal-pegal.


Istirahat yang cukup

Tubuhmu butuh waktu untuk pulih setelah berolahraga. Berikan waktu yang cukup untuk istirahat dan tidur yang berkualitas, sehingga tubuhmu dapat memperbaiki diri dengan baik.


Asupan Protein

Konsumsi makanan yang kaya protein, seperti daging, ikan, telur, atau kacang-kacangan. Protein berperan penting dalam memperbaiki dan membangun kembali otot yang rusak akibat olahraga. Dengan asupan protein yang cukup, proses pemulihan otot akan lebih efektif.


Hidrasi yang Cukup

Pastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik. Minum air putih secara teratur selama dan setelah olahraga. Hidrasi yang cukup membantu menjaga kelancaran sirkulasi darah, sehingga nutrisi dapat mencapai otot dengan lebih baik.


Namun, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki tingkat toleransi dan respons tubuh yang berbeda terhadap pegal-pegal setelah olahraga. Jadi, yang terbaik adalah mendengarkan tubuh kita sendiri. Jika rasa pegal-pegal berlebihan atau berkepanjangan, disertai dengan gejala yang tidak biasa, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan.


Jadi, tidak perlu khawatir ketika kita mengalami pegal-pegal setelah olahraga ya Itu adalah bagian dari proses pemulihan tubuh yang wajar. Dengan menjaga pola makan yang seimbang, istirahat yang cukup, dan memberikan perawatan yang tepat, tubuhmu akan pulih dengan cepat dan siap untuk tantangan olahraga selanjutnya!


198 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page