top of page

Tetap Produktif Ketika Puasa! Apakah Bisa?

Tetap Produktif Ketika Puasa! Apakah Bisa?


“Gua lagi puasa, nanti dulu deh lemes banget”

“Nanti aja deh abis buka puasa gua kerjainnya”

Tunggu… Tunggu… Tunggu…

Jangan jadikan badan lemas dan lapar menjadi alasan! Puasa seharusnya ga menjadi alasan untuk meninggalkan tanggung jawab kita pada pekerjaan ya RedDears! Walaupun kurangnya asupan makanan dan minuman sepanjang hari, kita tetap harus menjaga stamina tubuh selama puasa supaya tetap terjaga dan fit. Kuncinya adalah menjaga keseimbangan antara ibadah, pekerjaan, dan istirahat yang cukup. Dengan begitu, ibadah puasa akan lebih mudah dijalankan dengan baik dan tetap produktif selama bulan Ramadhan.

Ini dia 6 tips agar tetap produktif ketika berpuasa!


1. Niat Yang terpenting adalah niat ya RedDears! Karena dengan niat yang kuat dan tulus, dapat menjadi motivasi kita untuk menjalankan puasa dengan penuh kesungguhan dan rasa ikhlas. Selain itu, niat yang kuat juga dapat menjadi motivasi untuk tetap fokus dan semangat dalam mengerjakan pekerjaan kita. Contohnya, seseorang yang memiliki niat yang kuat untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya, tidak akan merasa terganggu dengan keadaan berpuasa dan tetap dapat menjalankan tugas dengan penuh semangat dan dedikasi.


2. Porsi yang cukup saat sahur Sahur menjadi saat yang penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan untuk mengisi energi agar tetap kuat dan produktif menjalankan puasa sepanjang hari. Eits, tapi bukan berarti kita boleh makan sebanyak-banyaknya yang kita mau ya! Kalau makan berlebihan yang ada tubuh kita akan cepat ngantuk dan lemas sepanjang hari. Sahur yang benar adalah sahur dengan porsi seimbang antara karbohidrat, protein dan serat. Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup saat sahur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah dehidrasi selama berpuasa. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak gula dan lemak, karena dapat membuat tubuh menjadi lelah dan kurang bertenaga selama berpuasa.


3. Mengatur jam tidur Buat kamu yang suka banget atau memiliki kebiasaan begadang, mulai sekarang coba ubah yuk! Karena mengatur jam tidur yang benar saat berpuasa sangat penting lho. Dengan mengatur jam tidur secara teratur dan cukup, tubuh akan tetap sehat dan bertenaga selama berpuasa, sehingga dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lebih baik.


4. Jam istirahat diisi dengan kegiataan bermanfaat

Saat puasa, sebaiknya kita mengisi jam istirahat kita dengan kegiataan yang positif. Carilah kegiataan yang bermanfaat dan dapat menyegarkan diri kita. Hal ini dapat membantu kita untuk meningkatkan produktivitas dan menjaga kesehatan tubuh.


Misalnya, tidur siang 20-30 menit, membaca Al-Quran, atau berjalan-jalan ringan di lingkungan kantor. Dengan mengisi jam istirahat dengan kegiatan bermanfaat, tubuh akan tetap sehat dan produktif selama berpuasa. Selain itu, kegiatan bermanfaat saat istirahat juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan menjaga keseimbangan antara fisik dan spiritual.


5. Beribadah

Poin penting dalam ibadah puasa adalah beribadah. Tau gak kenapa rutin beribadah dapat membantu meningkatkan produktivitas? Karena ibadah dapat membantu meningkatkan konsentrasi, meningkatkan motivasi, mengurangi stress, menjaga emosi agar tetap seimbang, dan pastinya meningkatkan iman dan taqwa sehingga dapat lebih mudah mengendalikan diri dan menjalani hidup dengan penuh kesadaran. Sehingga hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik.


6. Menjaga kesehatan tubuh Saat menjalankan ibadah puasa, sangat penting untuk kita memastikan tubuh tetap bugar dan kuat. Hindarilah makanan yang tidak sehat seperti gorengan, makanan tinggi lemak, cepat saji dan lainnya. Hindari juga kegiataan yang tidak mendukung produktivitas dan bahkan menguras banyak stamina seperti olahraga berat. Tapi bukan berarti kita tidak boleh olahraga ya RedDears. Dengan berolahraga, dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan energi dan lebih produktif!


Pilihlah olahraga yang ringan dan lakukan di waktu yang tepat seperti sebelum berbuka puasa atau setelah tarawih. Jangan lupa juga untuk memilih baju olahraga yang tepat untuk menunjang olahraga kamu. Pilihlah baju olahraga dengan bahan ringan, menyerap keringan dan cepat kering. Kalau kamu bingung, kamu bisa langsung cek baju olahraga dari RedDee ya!

Itu dia tips agar tetap produktif saat bulan puasa!

Sekarang sudah gak ada alasan lagi kan untuk kita tidak produktif dan lemas terus sepanjang hari. Dengan mengikuti tips di atas, kita dapat tetap produktif meskipun dalam keadaan berpuasa. Selamat menjalankan ibadah puasa RedDears!

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page