top of page

Kaki Sakit Setelah Leg Day? Atasi dengan 6 Cara Ini!


Leg Day

Kaki Sakit Setelah Leg Day? Atasi dengan 6 Cara Ini! Setelah melewati sesi latihan kaki yang intens, seringkali yang kita rasakan bukan hanya kepuasan akan usaha yang telah dilakukan, tetapi juga sebuah 'kenyataan' yang tidak terhindarkan: kaki yang terasa sakit! Dimana hal ini disebabkan karena kerusakan jaringan otot mikroskopis saat latihan, yang merupakan bagian alami dari proses membangun kekuatan dan massa otot. Bagi banyak orang, hari-hari setelah leg day sering diwarnai dengan rasa tidak nyaman yang muncul dari otot-otot yang bekerja keras. Tapi, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang dapat membantu mengatasi kaki sakit dan mempercepat pemulihan. Yuk kita jelajahi bersama tips-tips ampuh untuk meredakan rasa sakit setelah latihan kaki, yang dapat membuat perjalanan olahraga kamu lebih menyenangkan dan produktif! Kenapa Kaki Terasa Sakit? Sebelum itu, kita harus tahu dulu kok kaki kita bisa sakit setelah melakukan latihan leg day? Saat melakukan latihan kaki, terutama pada "leg day," otot-otot besar seperti quadriceps, hamstring, dan gluteal muscles akan bekerja keras. Ini dapat menyebabkan DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness) atau rasa sakit yang muncul setelah 24-48 jam latihan. 6 Cara Ampuh Atasi Kaki Sakit Setelah Leg Day

1. Istirahat yang Cukup

Memberi waktu bagi otot untuk pulih adalah kunci utama dalam mengatasi rasa sakit pada kaki. Istirahat yang cukup memberikan kesempatan bagi otot untuk memperbaiki dan membangun diri mereka sendiri.

2. Pemanasan dan Pendinginan

Sebelum latihan, pemanasan yang baik membantu meningkatkan aliran darah ke otot-otot dan mengurangi risiko cedera. Setelah latihan, pendinginan seperti stretching ringan dapat membantu mengurangi ketegangan otot.


kompres

3. Kompres Dingin dan Panas

Menerapkan kompres dingin selama 15-20 menit pada area yang sakit dapat mengurangi peradangan dan membantu meredakan rasa sakit. Sementara itu, mandi air hangat atau menggunakan bantal pemanas dapat meningkatkan aliran darah ke otot-otot yang terasa sakit.

4. Pijatan atau Terapi Urut

Pijatan atau terapi urut dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otot yang terasa sakit, mempercepat proses pemulihan, dan mengurangi ketegangan otot.

5. Konsumsi Nutrisi yang Tepat

Makan makanan yang kaya protein dan antiinflamasi seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan makanan yang mengandung omega-3 dapat membantu dalam proses pemulihan.

6. Minum Air yang Cukup

Tubuh memerlukan hidrasi yang cukup untuk memperbaiki dan memulihkan otot. Pastikan untuk minum air yang cukup setelah latihan.

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

leg day
Jika rasa sakit yang kamu alami terasa sangat parah atau tidak membaik setelah beberapa hari, segera konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Ketika mengalami kaki sakit setelah leg day, perlu diingat bahwa ini adalah proses normal dalam membangun kekuatan otot. Dengan istirahat yang cukup, perawatan yang tepat, dan nutrisi yang baik, kamu dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses pemulihan. Jangan lupa untuk mendengarkan tubuhmu dan berikan waktu yang cukup bagi otot untuk pulih sepenuhnya sebelum kembali melakukan latihan intensif ya, RedDears!

37 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page