top of page

KUNCI SEHAT DAN AWET MUDA? LATIHAN ANGKAT BEBAN DARI SEKARANG!


kunci sehat dan awet muda

KUNCI SEHAT DAN AWET MUDA? LATIHAN ANGKAT BEBAN DARI SEKARANG!

Awet muda adalah dambaan semua orang. Siapa yang tidak ingin tetap awet muda sepanjang hidupnya? Kita semua pasti ingin merasa dan terlihat sehat serta bugar, bukan?

Sebenarnya yang dimaksud awet muda adalah kemampuan menghambat proses penuaan atau yang banyak disebut sebagai anti aging.

Kalau kata Ade Rai sih, “Kita tetap aging, tapi we are aging gracefully!

Nah, salah satu kunci untuk menghambat penuaan adalah dengan melakukan angkat beban.

Angkat beban adalah jenis aktivitas olahraga yang jarang dilakukan oleh orang usia 50 tahun ke atas. Padahal, dengan latihan angkat beban, dapat melatih otot rangka untuk longetivity atau umur panjang.



Apa itu otot rangka?

otot rangka

Taukah kamu, otot rangka atau otot lurik adalah jaringan otot yang terhubung dengan tulang. Perlu diketahui, sebagian besar otot di dalam tubuh berasal dari sel otot lurik. Bahkan, otot lurik turut menyumbang 30 hingga 40% dari total massa tubuh. Di mana, otot lurik tersebar di beberapa bagian tubuh, seperti lengan, bahu, perut, hamstring, dan betis.

Merupakan pembuangan glukosa terbesar

Manusia biasanya makan lebih banyak karbohidrat, dan karbohidrat ini adalah sumber energi untuk kita pakai. Jika energi yang kita pakai tidak sebanyak yang kita masukkan, maka energi yang seharusnya dipakai otot, akhirnya harus dibuang ke lemak.

Nah, 80% gula di pembuluh darah akan ditarik ke otot tubuh jika kita rajin latihan angkat beban untuk melatih otot rangka. Jika tidak rajin, maka gula akan menjadi berlebih di pembuluh darah dan akhirnya, pancreas harus memproduksi insulin dan terjadinya over produksi insulin atau yang disebut dengan hyper insulinemia. Jika hal ini terus-terusan terjadi, maka sel lemak kita akan kelebihan dan terjadi penumpukan gula. Hal ini akhirnya membuat sel menolak gula yang berlebihan tersebut yang akhirnya disebut dengan resistensi insulin. Penyakit yang bisa terjadi jika terjadi resistensi insulin Terjadinya resistensi insulin dan jadi akar permasalahan dari klaim bpjs dan asuransi. 4 penyakit yang bisa terjadi adalah:

  1. Jantung

  2. Kanker

  3. Syaraf (neuro de generative), di mana dulu syaraf berfungsi dengan baik, sekarang tidak karena gula naik.

  4. Matabolik syndrome, seperti diabetes tipe II, hipertensi, dan pengentalan darah


resistensi insulin

Lalu bagaimana sih cara yang tepat untuk tetap sehat dan awet muda? “Ubahlah gaya hidupmu!” Mengubah gaya hidup di sini adalah dengan cara melatih otot-otot rangka tubuh kita dengan cara mengangkat beban. Karena dengan begitu, pancreas tidak perlu lagi capek-capek bekerja keras untuk menolak insulin. Biarkan otot kita yang bekerja memakai gula yang masuk ke dalam tubuh kita. Manfaat dari mengangkat beban adalah:

  1. Meningkatkan Massa Otot: Latihan angkat beban secara khusus merangsang pertumbuhan otot. Semakin banyak massa otot yang kita miliki, semakin baik tubuh kita dalam memproses makanan dan menjaga keseimbangan hormon.

  2. Meningkatkan Kepadatan Tulang: Penuaan seringkali disertai dengan penurunan kepadatan tulang. Latihan angkat beban membebani tulang kita, merangsang pertumbuhan tulang baru, dan menjaga kepadatan tulang.

  3. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis: Latihan angkat beban telah terbukti membantu mengurangi risiko penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan osteoporosis.

  4. Meningkatkan Kualitas Hidup: Dengan memiliki otot yang kuat, kita akan lebih mudah menjalani aktivitas sehari-hari, seperti mengangkat barang, naik tangga, atau bermain dengan cucu-cucu kita nantinya. Ini akan meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan.

Latihan angkat beban adalah salah satu kunci awet muda yang sangat penting! Dengan memperkuat otot-otot rangka, kita dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, mengurangi risiko penyakit, dan tetap bugar sepanjang hidup. Jadi, jangan ragu untuk memulai latihan angkat beban hari ini ya RedDears!

834 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page